In 2019 Itakiss Itakiss Movie Itakiss Project Itazura Na Kiss Movie Review

[Review] Itazura Na Kiss The Movie : Proposal

Gara-gara habis nonton Fall in Love With First Kiss, aku jadi kobam itakiss thingy lagi ㅠㅠ dan berakhir dengan rewatch semua part Itakiss movie hahah 

Kebetulan, dulu aku nontonnya lebih pake bahasa kalbu jadi setelah nonton pake subs aku juga menemukan beberapa hal yang nggak aku sadari sebelumnya. Kalo untuk yang part High School sama Campus sih sebagian besar masih melekat alurnya, karena kebantu pernah bikin review / recaps. Tapi kalo yang Proposal itu aku beneran mind blowing sampe lupa di versi ini ada Sahoko ngga sih?  Kalo ada yang mukanya kayak gimana? Paling inget part nikahan doang hahah.

Film ini rilis 25 November 2017 dan aku nonton Desember 2017, terus habis nonton aku langsung fokus ke real life  (eh bohong sih, karena sempet bikin FMV juga wkwk) makanya pas tahu respon di Review Part Campus cukup rame dan ada juga yang request review buat part Proposal aku ngga waro. Sampe ada yang infoin kalo subs udah ada, jadi biar enak bikin reviewnya. Ya tapi, mohon maaf waktu itu saya pening sama revisian hahah

Yah, mungkin ini sangat terlambat untuk memenuhi request,  tapi aku bikin Review ini pun untuk menyenangkan diri sendiri, karena rasanya nanggung banget kalo ngga kelar bahas satu universe. Heuheu. 
Mungkin untuk review ini,  aku akan lebih fokus sama impression ku pada movie ini, yah meski tetep aku jabarin beberapa scene biar ngga timpang sama review-review sebelumnya hehe

So here enjoy~

CAUTION!  review ini mengandung spoiler! 


Musim panas tahun kedua
Kotoko mendapat tawaran kencan! Pria yang mengajak kencan itu bernama Nakagawa, junior di SMA Tonan dari kelas A. 
Nakagawa tahu tentang hubungan Kotoko-Naoki, tapi karena melihat mereka nggak kayak kencan, jadi dia mau berupaya deketin Kotoko.

Sampai rumah, Kotoko cerita ke mami Irie. Mami Irie jadi gemes sendiri karena Naoki nggak bikin kemajuan, sampai akhirnya ada 'saingan' baru.

Setelah sempet ke kampus dengan ditemani Papi Aihara buat liat 'saingan' Naoki, mami pun punya rencana yang kayanya bisa bikin kemajuan di hubungan Kotoko-Naoki, yaitu ngebiarin Kotoko kencan sama si Nakagawa.

Saat klub tennis, Naoki bertanya soal Kotoko yang di deketin adik kelas, dan Kotoko jadi menjabarkan kelebihan si Nakagawa. Nakagawa lagi-lagi mucul tiba-tiba, dan akhirnya mereka mutusin pergi kencan di depan Naoki.

Dan menjalankan rencana untuk memancing cemburu, sengaja mereka menentukan titik temu di cafe tempat kerja Naoki.

Drama dengan 'saingan' baru ini berakhir setelah si Nakagawa berantem sama Kin-chan tapi yang berhasil 'bawa' Kotoko malah si Naoki.
"Kalian berantem juga sia-sia, yang ditaksir Kotoko kan gue" begitu kira-kira kalimat Naoki. hahah

Kotoko akhirnya tanya apa Naoki sempat merasa cemburu, tapi dijawab bahwa itu 100 tahun lebih cepat untuk membuat Naoki cemburu. hahah are you sure?

Kotoko memulai agendanya kembali untuk 'mengejar' Naoki, jadi dia daftar kerja part time di cafe yang sama.
Ini ternyata Kotoko cukup luwes juga bawa peralatan makan, sampe Naoki panik khawatir. Lucu banget ekspresinya 😆

Musim Gugur
Nakagawa nampaknya udah move on dari Kotoko dan beralih ke adiknya Matsumuto. Ini mereka emang love-hate relationship gitu, sama banget kayak manganya (aku lupa kalo di anime ada apa nggak)

Kotoko juga mendadak jadi populer karena jadi model karakter anime. Gara-gara dulu pernah salah ruang ia jadi cukup populer di kalangan para wibu dan punya nama panggung Kotorin hahah. Pas premiere Animenya, yang datang cukup ramai, salah satunya Naoki yang ikut numpang ketawa. 

Musim Dingin dan Malam Natal
Naoki berhenti kerja part time untuk fokus belajar ilmu kedokteran. Matsumoto dan Kotoko ya ikutan berhenti juga karena niat kerjanya kan biar deket Naoki haha.

Saat malam natal, Kotoko udah rencana bikin girlsnite sama Jinko-Satomi, sementara keluarga Irie menghadiri pesta kolega. Tapi rencana Kotoko gagal gara-gara Jinko Satomi akhirnya punya rencana sama pacarnya masing-masing.

Di Pesta Kolega, Naoki ketemu sama Matsumoto yang ternyata merupakan anak pemilik saham di perusahaan PANDAI. Juga untuk pertama kalinya ketemu sama Sahoko (Akhirnya inget gimana muka Sahoko versi ini hahah).
Di sela pesta kolega itu Matsumoto juga sempet confess perasaan tapi ya di tolak.

Naoki berakhir pulang dan melihat Kotoko bercengkrama sama Chibi. Kedoknya si mau makan malam sama Chibi makanya pulang cepet. Eh Ternyata sempet juga beli cake.  Emang bisa aja nih si bambang.

Sudah berganti tahun, dan muncul konflik baru di keluarga Irie. Papi Irie ingin Naoki mempertimbangkan sebagai penerus perusahaan, tapi selama ini Naoki merasa ngga di kasih pilihan, jadilah dia marah-marah. Naoki juga jadi nyalahin mami karena maksa jodohin sama Kotoko tanpa mempertimbangkan perasaannya. ya padahal kan...
Kotoko mendengar pembicaraan itu, dan ia mengejar Naoki sambil kasih mantel. Naoki jadi cerita kalau dia berencana pindah jurusan, dan orang pertama yang tahu kabar ini adalah Kotoko, jadi Naoki minta Kotoko untuk merahasiakannya lebih dulu.
Mami Irie jadi merasa bersalah karena jodohin Naoki sama Kotoko. Awalnya mami mengira Naoki ada rasa sama Kotoko, tapi ternyata itu cuma keegoisannya aja. Lalu muncul Yuuki yang dengan polos bilang bahwa abangnya itu emang naksir Kotoko haha

Setelah sempet ngobrol sama papi Aihara, akhirnya Naoki membuka obrolan lagi sama orang tuanya dengan kepala yang lebih dingin. Naoki jujur mau pindah jurusan kedokteran, tapi papi Irie kemudian serangan jantung (?)

Musim Semi, Tahun Ketiga.
Naoki memutuskan menunda kuliahnya untuk menggantikan posisi ayahnya di kantor. Perusahaan juga sedang dalam kondisi nggak baik, yang memungkinkan harus ada merger dengan perusahaan lain biar selamat. 
Naoki jadi galau, apalagi melihat kondisi ayahnya belum juga baik. Jika semakin lama, mungkin akhirnya ia harus menyerah sama mimpi dokternya. Padahal ini kali pertamanya ia menginginkan sesuatu. Tanpa banyak kata, Kotoko menguatkan dengan memeluk dari belakang.

Di pagi hari, Kotoko bisa menikmati peran sebagai istri. Menyiapkan bekal dan mengantar depan pintu. Digodain juga sama Yuuki, kalau Kotoko pasti gatel pengen ngomong "Hati-hati dijalan sayang" hahah

Untuk mengisi liburan musim panas, Kotoko memutuskan magang di PANDAI. Tapi Matsumoto tidak membiarkannya bernafas lega, karena Matsumoto juga ikut kerja magang hahah. Gigih juga ini si Matsumoto

Kotoko tetap ceroboh seperti biasa, dan ia kembali ceroboh waktu menghidangkan minuman pada kolega bisnis (Kakeknya Sahoko), gara-garanya sih kaget denger rencana pertunangan. 
Ini Naoki, baru tahu Kotoko magang di PANDAI, sempet ngomel juga dengan kecerobohan Kotoko.

Kotoko dan Matsumoto ngomongin masalah perjodohan dan sampai ke kesimpulan sekalipun Matsumuto punya kesempatan yang sama kayak Sahoko dia nggak akan pakai cara ini, karena dia mau bersaing dengan 'sehat'

Selanjutnya sama kayak versi sebelumnya, Kotoko dan Matsumoto berusaha menggagalkan pertemuan Naoki dan Sahoko. Eh tapi malah berakhir dengan membuatnya jadi makin romantis. Sementara itu mami berupaya menggagalkan perjodohan dengan skenario 'Mertua Jahat' hahah

Kencan berikutnya Naoki pulang lebih malam, mami ngomel dan Kotoko 'penasaran' sama kencan Naoki. Naoki nyindir kenapa Kotoko nggak ngintilin kencannya lagi, lalu berakhir bilang agar Kotoko menemukan laki-laki lain yang sesuai dengannya.
Yuuki mau nggodain Kotoko yang berisik naik tangga, tapi berakhir melihat Kotoko nangis. Jadilah dia tanya ke abangnya, bukankah cewek yang ditaksir itu Kotoko? Mengingat kejadian musim panas tahun lalu.

Kotoko akhirnya mencoba move on dengan mengiyakan tawaran kencan Kin-chan. Di waktu yang sama Naoki juga kencan dengan Sahoko. Tentu jenis kencannya berbeda. Kotoko Kin-chan dengan game center, Naoki Sahoko dengan pertunjukan musik.

Papi Irie akhirnya keluar dari rumah sakit, dan diadakan pesta keluarga kecil-kecilan. Naoki sengaja mengundang Sahoko karena dia akan jadi bagian dari keluarga. 

Melihat hal itu, Papi Aihara akhirnya menawarkan pada Kotoko untuk pindah dari rumah keluarga Irie. Ini sebagai bentuk move on yang paling efektif, biar nggak tambah makan hati :'((

Sementara itu, perlahan tapi pasti Kin-chan memberanikan diri untuk melamar Kotoko. Lamaran itu terjadi di aquarium saat kencan mereka. Cantik.

Kabar Kotoko dilamar Kin-chan itu sampai juga di telinga Naoki melalui mulut Satomi dan Jinko. begini ekspresinya :
hahah mampos

Selanjutnya adalah adegan hujan dan confession. Aku sampe hapal dialog ini, tapi ya tetep bikin nahan senyum karena gemes wkwk.
 
Seperti yang diperkirakan, untuk part ini berakhir di scene pernikahan. Kalau boleh dibandingkan, 3 part dari Itakiss Movie ini setara dengan Itakiss LIT season 1. Tapi menurutku untuk konklusinya lebih rapi versi ini. Masih ada sisa waktu bagi Naoki menjelaskan pada Sahoko dan kakeknya, juga minta ijin (?) pada Kin-chan.

Aku pernah menyinggung ini di review part sebelumnya, bahwa di versi ini emang ngga ada yang namanya telepon genggam. Aku juga makin memperhatikan bentuk komunikasi mereka yang berkabar dari telepon rumah, titip salam, ataupun mode curhatnya Kotoko ke temen-temennya pas cuma ketemu di kampus. Aku jadi menduga bahwa sengaja dibuat gini, biar menyesuaikan dengan versi aslinya yang bersetting tahun 1990-an. Iya ini sok tahu hahah. Dapet pemikiran kayak gini soalnya ngelihat Fall in Love at First Kiss itu teknologinya udah canggih. Ada fanbase terus spazzing dari sosmed hahah

Well, Aku tidak menyangka bahwa ternyata bisa sekobam ini sama versi ini. Soalnya dulu mau ngikutin aja kayak nggak yakin. Ya habisnya dulu pengumuman kabar remake ini pas Itakiss LIT baru selesai. Jadi pas masih anget-angetnya pengen liat Honoki eh dijabanin versi baru, kan ya gimana... haha

Tapi beruntung, filmnya rilis pas orang-orang udah butuh Itakiss thingy lagi, jadi ya tetap bisa dinikmati. Apalagi seperti yang aku bilang di dua review sebelumnya, kalau untuk pengemasan alur, Itakiss Movie ini memang cukup rapi.

Aku juga menikmati perkembangan karakter Naoki-Kotoko versi ini, dari yang sebelumnya agak kaku jadi makin luwes. Perubahan kecil ekspresinya Naoki juga lucu dan gemas. Makin dilihat Sato Kanta makin manis dong, gimana nih aku oleng juga hahah

Dari semua versi itakiss, bagian favoritku adalah masa-masa hubungan yang renggang, bagian Naoki  jadi tersulut saat denger Kotoko mau move on -bagian menuju confessionnya Naoki. Gemes aja gitu ribut, akhirnya panik juga si Naoki begitu tahu Kotoko bisa aja diambil orang hahah. Aku suka keributan 😆. Jujur sampai saat ini, masih tidak bisa memahami cara berpikir Naoki yang memutuskan untuk tunangan tapi pas Kotoko dilamar langsung senewen. Yaterus, nunggu lo nikah dulu gitu, baru Kotoko boleh move on sama yang lain? ah emosi hamba. hahah

Btw, apa hanya aku yang merasa bahwa movie ini akan dilanjutkan? (Ini antara menduga dan berharap haha), masalahnya ada tokoh yang kayanya masih disembunyikan. 
Ini part pengumuman hasil ujian, jadi ada yang kaya ngga terima Naoki dapat peringkat 1? Kok tiba-tiba aku menduga ini Funatsu haha. Terus menilik di part High School ada pengenalan karakter Rika juga, jadi siapa tahu kan dia muncul lagi jadi karakter nyebelin di kehidupan pernikahan Kotoko - Naoki. Ya tapi ini udah jalan dua tahun dan tidak ada kabar, mana prosesnya kan juga lama 😌

Overall, aku puas dengan versi ini. Dari karakter, alur dan pemadatan cerita. Menurutku versi ini banyak banget mengambil dari versi originalnya. Bagi sebagian orang mungkin jadi boring, tapi jujur aku menyukainya, karena bisa melihat yang tidak ditampilkan di versi lain.
Ini foto nikahannya persis banget sama anime dan manga. Dari gaya ke ekspresinya. Kin-chan nangis di pojokan.

Yay akhirnya selesai juga bahas satu universe ini, aku bahagia.... meski perlu menunda 15 bulan wkwkwk. 

Btw, Mohon maaf ternyata panjang juga penjabaran beberapa scene-nya haha

Jyaane~
Ayo tunggu remake itakiss selanjutnya 😆

Related Articles

0 komentar:

Post a Comment